Deretan Tips Merawat Busi Motor Saat Musim Hujan Tiba

Deretan Tips Merawat Busi Motor Saat Musim Hujan Tiba

6th February 2020 0 By otomotiv

Busi motor merupakan komponen yang berfungsi memberikan percikan api pembakaran pada kendaraan. Ketika musim penghujan datang dan jalanan banyak terdapat genangan air maka peranti yang satu ini wajib mendapat perhatian ekstra. Hal ini guna mencegah kendaraan Anda bermasalah di kemudian hari.

Karenanya sebagai pemilik kendaraan, terutama motor, kita wajib memerhatikan peranti yang satu ini. Pendek kata, harus ada perawatan ekstra pada busi yang sangat rentan jika terkena air. Berikut ini beberapa cara mengatasi busi motor basah.

1.      Lindungi dari air

Musim hujan tentu mebuat jalanan becek dan banyak genangan air. Untuk motor, tentunya busi sangat mungkin sekali untuk lebih terpercik air ketimbang musim biasanya.

Salah satu untuk tetap menjaga performa busi dari percikan air adalah dengan menggunakan sealant atau isolasi guna mencegah air masuk dan membasahi bagian kepala dari busi.

Jika Anda harus terpaksa menerobos hujan deras, ada baiknya sesudah itu langsung memeriksa kondisi busi dan membersihkannya.

2.      Gunakan bahan bakar yang sesuai

Hal lain yang dapat mempercepat rusaknya busi selain percikan air adalah bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesin. Hal itu dapat membuat busi jadi cepat kotor. Selain itu, busi juga dapat menjadi cepat berkerak hingga mengganggu proses pembakaran.

Seperti Anda ketahui, umumnya pabrikan motor menyarankan untuk menggunakan bahan bakar tertentu untuk kendaraan yang dibuatnya. Lakukan pengisian bahan bakar sesuai dengan oktan yang disarankan pabrik.

3.      Pastikan cangklong busi tertutup rapat

Salah satu bagian penting pada busi adalah cangklong atau cop. Anda harus memastikan bagian ini tertutup rapat. Cangklong atau cop busi yang tidak tertutup rapat memudahkan air merembes ke dalam cangklong. Hal ini akan mengganggu kinerja busi, bahkan membuat mesin motor Anda susah hidup.

4.      Lindungi motor dari air hujan

Hal yang juga mudah Anda lakukan agar tidak ada rembesan air pada busi adalah lindungi motor Anda dari air hujan. Jika sedang berkendara di jalanan yang basah karena air hujan, hindari genangan airnya, apalagi genangan air yang sangat dalam. Cara ini bisa menghindarkan air hujan merembes ke busi. Sebaliknya, jika Anda membiarkan begitu saja motor Anda kehujanan dan tidak memeriksa kondisi busi, maka mogok tiba-tiba dapat Anda alami. Hindari hal ini agar aktivitas Anda tidak terganggu.

5.      Gunakan busi berkualitas

Langkah berikutnya yang juga penting adalah menggunakan sparepart motor yang berkualitas, terutama pada komponen besi. Pakailah busi berkualitas. Semakin bermutu busi atau Anda menggunakan busi standar sesuai rujukan pabrik maka semakin aman busi dari rembesan air. Jangan mudah tergiur dengan harga busi yang lebih murah namun tidak ada jaminan kualitas. Daya tahan busi tetap sangat penting Anda perhatikan, apalagi busi yang tidak mudah ditembus oleh rembesan air.