Deretan Tips Merawat Motor Matic

Deretan Tips Merawat Motor Matic

3rd February 2020 0 By otomotiv

Sepeda motor jenis matik wajib dirawat secara rutin. Tentu saja hal ini dilakukan agar motor tetap prima dan akselerasi masih terjaga.

Dengan merawat sepeda motor, tentunya akan membuat motor lebih awet dan panjang umur. Bahkan jika kondisi motor terlihat apik, bukan tak mungkin harga jual kembali tak lantas menurun.

Karena motor matic mudah dioperasikan maka perlu perawatan khusus untuk menjaga motor matic ini tetap awet dan selalu dalam kondisi prima. Simak ulasan cara merawat motor matic yang benar agar selalu awet berikut ini.

1.      Panaskan mesin

Biasakan untuk selalu memanaskan mesin motor matikmu sebelum digunakan. Memanaskan mesin motor matik ini sangat berguna untuk menjaga kinerja mesin agar tetap stabil. Panaskan mesin motor matik selama 5-10 menit setiap hari, dan biasakan untuk selalu menggunakan starter kaki saat menyalakan mesin motor matik.

2.      Rutin ganti oli

Oli mesin merupakan kebutuhan motor yang harus dipenuhi, termasuk dalam hal ini perawatan motor matic. Sebaiknya Anda selalu mengecek oli mesin motor Anda dan menggantinya secara berkala sesuai pemakaian motor Anda agar oli selalu terkesan baru.

Apabila oli mesin sudah kotor dan tidak diganti maka dampaknya mesin pada motor matic akan mempengaruhi. Mengganti oli mesin dilakukan apabila telah menempuh jarak 3000Km atau 3 bulan sekali, penggantian oli berfungsi untuk selalu menjaga kebersihan mesin motor Anda.

3.      Atur kecepatan

Kemudahan yang ditawarkan motor matik ini kadang membuat pengendara terlena dan sering mengganti laju kecepatan secara tiba-tiba.

Perubahan kecepatan dari rendah ke tinggi secara mendadak ini bisa membuat mesin motor matik rusak. Jangan sampai harus mengeluarkan dana lebih untuk memperbaiki sparepart yang rusak akibat cara berkendara yang salah.

4.      Periksa aki dan busi

Aki ini penting untuk Anda periksa, jangan sampai motor mogok di tengah jalan karena aki motor matik sudah tidak bagus. Oleh karena itu, disarankan sebaiknya para pengguna harus mengganti AKI dalam 7 – 8 bulan setelah penggantian terakhir.

Setelah memeriksa kondisi aki, sebaiknya Anda juga memeriksa kondisi busi motor. Busi yang karat atau kotor pasti akan mengganggu kenyamanan saat berkendara karena proses pembakaran dalam mesin terganggu.

5.      Periksa v-belt

Motor matik ini menggunakan belt sebagai penggerak, untuk itu perlu melakukan pengecekan vanbelt secara rutin. Apakah vanbelt di motor matik masih aman untuk dipakai, jangan sampai vanbelt mengalami kerusakan dan terputus saat motor sedang melaju di jalan raya.

6.      Rutin servis di bengkel

Perawatan pada servis berkala motor matic biasanya meliputi penggantian oli, membersihkan karburator dan seting motor. Sebaiknya Anda service pada bengkel resmi honda untuk menanyakan menggenai aki motor apakah masih layak, Vanbelt dan roler apakah memerlukan penggantian, dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin baik jika penggunaan suku cadangnya pun dengan yang original. Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performance motor matic Anda.