Ingin Ganti Stang Motor Bawaan Dengan Stang Jepit? Perhatikan 6 Hal Berikut

Ingin Ganti Stang Motor Bawaan Dengan Stang Jepit? Perhatikan 6 Hal Berikut

24th February 2020 0 By otomotiv

Stang motor adalah salah satu bagian sepeda motor yang paling sering dimodifikasi. Biasanya jenis stang ini disesuaikan dengan aliran modifikasi yang diterapkan pada motor. Selain itu stang juga mempunyai beberapa jenis, yaitu dari stang model fatbar atau lebar hingga stang jepit yang sering diaplikasikan pada motor-motor fairing.

Stang jepit sendiri mempunyai kesan racing look jika diaplikasikan pada motor-motor naked. Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti aksesoris motor ini dengan stang jepit, ada baiknya Anda perhatikan hal berikut ini.

1.      Sesuaikan stang motor dengan tinggi badan

Hal ini tentunya berguna untuk memberikan rasa nyaman saat anda berkendara.  Pilhlah jenis jepit yang tidak datar, namun pilihlah yang stang melengkung. Jenis stang seperti ini bisa mengurangi rasa pegal saat berkendara daripada Anda menggunakan jenis stang jepit yang datar.

2.      Perhatikan diameternya

Selanjutnya, perhatikan diameter stang jepit. Pilih stang yang sesuai dengan ciri motor dan yang pas di genggaman tangan Anda. Jadi, jangan pilih stang yang beriameter terlalu besar dan terlalu kecil, nanti jatuhnya justru membuat kita tidak nyaman saat mengendarai.

3.      Kualitas Bahan

Pilih stang berkualitas tinggi. Stang berkualitas bagus tentu juga akan memberikan performa yang kuat dan tidak mudah patah. Coba bayangkan, ketika Anda sedang asyik berkendara, tiba-tiba stang patah. Bukankah ini sangat berbahaya

4.      Sesuaikan stang jepit dengan postur motor

Pengaturan jarak dalam pemasangan stang akan mempengaruhi saat Anda berkendara di jalan. stang yang terlalu lebar, akan mempengaruh fleksibelitas Anda saat melakukan belokan. Akibat dari stang nyaris menyentuh dibagian tangki.

5.      Atur jarak

Atur jarak bukaan stang. Jangan terlalu lebar ataupun terlalu sempit agar tetap mudah melibas tikungan. Sebaiknya Anda juga atur jarak dari stang ke tangki agar tidak merusak tangki dan stang itu sendiri.

6.      Sesuaikan dengan budget

Sesuaikan stang jepit dengan budget Anda. Prinsip ada harga ada rupa masih tetap untuk menjadi patokan stang jepit yang bagus.