Ingin Motor Injeksi Anda Tampil Prima? Begini Cara merawatnya

Ingin Motor Injeksi Anda Tampil Prima? Begini Cara merawatnya

4th May 2020 0 By otomotiv

Sepeda motor jika tidak rutin di rawat maka performa mesin motor akan menurun dan usia mesin juga tidak akan bertahan lama, bahkan bisa saja terjadi kerusakan fatal pada sepeda motor. Oleh karena itu sepeda motor juga perlu dirawat dengan baik.

Namun banyak orang yang tidak paham bahwa merawat motor injeksi berbeda halnya dengan sepeda motor biasa.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat merawat sepeda motor injeksi. Beriku tips menjaga motor injeksi agar performa mesinnya tetap prima.

1.      Menggunakan bahan bakar yang tepat

Menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 ke atas adalah salah satu cara merawat motor injeksi yang paling sederhana.

Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dapat menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor. Jangan sesekali menggunakan bahan bakar berkualitas rendah karena dapat memicu kerusakan pada komponen mesin.

2.      Cek selang saluran bahan bakar

Saluran selang ini memang punya peranan penting dalam proses pembakaran di ruang bakar mesin. Jika selang kotor atau bocor maka hal ini bisa membuat kerja injektor jadi terganggu dan tidak optimal. Maka dari itu mengecek atau memeriksa selang saluran bahan bakar ini akan menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan

Lalu kapan waktu tepat untuk memeriksa atau mengecek selang saluran bahan bakar ini? Disarankan pengecekan selang saluran ini dilakukan jika motor telah menempuh jarak 2000 km.

3.      Periksa kondisi aki

Motor dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi aki untuk menghidupkan mesin pada sistem pembakaran. Kalau Anda memiliki motor injeksi, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi aki motor.

4.      Ganti oli secara berkala

Mengganti oli secara berkala juga menjadi hal penting yang tidak boleh terlewat pada perawatan motor injeksi. Lakukanlah penggantian oli setiap dua bulan sekali atau saat motor sudah menempuh jarak 1.000 km. Hindari juga mesin motor yang kekurangan pelumas karena akan mengganggu kinerja mesin.

5.      Cek kondisi ECU

Electronic Control Unit (ECU) adalah otak dari pengoperasian sistem injeksi pada motor. ECU mengatur keseluruhan unit injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan atau buka tutup klep injektor.

Jika sistem ini terganggu, kinerja injektor pun tidak dapat berjalan sempurna dan membuat motor menjadi mogok. Jadi, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi ECU motor Anda supaya performa motor tetap prima.