Ingin Selalu Prima, Ini Cara Merawat Motor Sport yang Benar

Ingin Selalu Prima, Ini Cara Merawat Motor Sport yang Benar

2nd April 2020 0 By otomotiv

Memiliki sebuah motor untuk sebagian orang tidak hanya untuk alat transportasi saja, namun terdapat banyak juga yang memiliki sebuah motor untuk memenuhi gaya hidup yang semakin maju. Terutama bagi Anda yang menyukai motor sport.

Motor sport 150cc tak hanya gesit memecah macetnya kota, tapi juga merupakan tunggangan dengan kebanggaan tersendiri. Tampilannya yang stylish, yang dipadu dengan teknologi mumpuni, serta kemampuannya menembus kemacetan membuat motor sport layak dimiliki.

Bagi yang terlanjur jatuh cinta, sebaiknya Anda juga tahu cara perawatannya. Perawatan yang benar tak hanya akan menjadikannya awet, tapi mesinnya pun tetap dalam kondisi prima. Berikut ini beberapa tips dalam merawat motor sport, agar selalu nyaman dikendarai.

1.      Panaskan motor setiap hari

Bagi Anda yang jarang menggunakan motor sport-nya atau menggunakannya hanya pada saat weekend. Setiap hari, sempatkanlah waktu untuk menghidupkan mesin motor sport Anda paling tidak selama 15 menit. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh komponen motor sport Anda tetap berfungsi seperti seharusnya.

2.      Rutin memeriksa pompa bahan bakar

Jika motor Anda sudah mencapai jarak tempuh 2.000 kilometer, maka disarankan untuk memeriksa selang bahan bakar. Selang yang kotor akan mempengaruhi kinerja injection memasukkan bahan bakar ke mesin motor.

Selain selang bahan bakar, pompa bahan bakar pun harus rutin dicek. Caranya, hidupkan motor dan dengarkan suara dari tangki bahan bakar secara seksama. Jika timbul suara berdesing, maka Anda diminta untuk segera menguras tangki bahan bakar di bengkel resmi terdekat.

3.      Periksa kondisi oli mesin

Oli merupakan bahan vital, karena berfungsi untuk melumasi seluruh bagian mesin agar tetap bersih. Jika Anda memakai kendaraan Anda setiap hari, maka disarankan untuk mengganti oli setiap sebulan sekali. Namun jika Anda jarang menggunakannya, ganti oli cukup dilakukan dua bulan sekali.

4.      Cek sistem kelistrikan

Anda perlu memperhatikan kelistrikan di mana pada bagian tersebut memiliki peran sangat penting, terlebih untuk motor sport yang diketahui hanya menggunakan sistem starter elektrik. Pastikan Anda memperhitungkan kondisi kelistrikan, Anda dapat melakukan dengan cara memeriksa kondisi aki apakah masih layak pakai atau juga dibersihkan dua terminal pada aki motor agar tidak berkerak.

5.      Cek kondisi ban dan rantai

Karena kedua komponen tersebut memiliki peranan sangat penting, terutama pada bagian bannya yang menjadi tumpuan terakhir tiap motor.

Sedangkan untuk rantainya juga perlu perawatan seperti dilumasi dengan pelumas khusus rantai, selain itu juga cek apakah rantai masih kencang atau sudah kendor. Jika rantai sudah waktunya diganti, sebaiknya jangan menunda untuk tidak segera menggantinya.

6.      Gunakan bahan bakar yang berkualitas

Motor sport merupakan produk spesial dengan kualitas yang spesial pula. Berbeda dengan motor kebanyakan, motor sport terdiri dari komponen-komponen berkualitas tinggi.

Oleh sebab itu, anda disarankan untuk memakai bahan bakar yang setara dengannya. Jenis Pertamax sangat direkomendasikan.

7.      Lakukan servis secara berkala

Jika telah melakukan perjalanan sejauh 3.000 kilometer, Anda disarankan untuk servis di bengkel resmi terdekat.

Servis berkala bertujuan untuk merawat komponen-komponen motor, sekaligus mengganti komponen yang rusak.