Jangan Asal Ganti Setir Mobil, Ini Tips Sebelum Menggantinya

Jangan Asal Ganti Setir Mobil, Ini Tips Sebelum Menggantinya

26th February 2020 0 By otomotiv

Merubah penampilan interior mobil dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah mengganti setir standar bawaan pabrik dengan setir racing. Biasanya, pengendara melakukan ini agar tampilan interior lebih bernuansa balap.

Mengganti setir mobil mungkin terlihat sebuah hal yang sederhana. Namun, melepas dan memasang setir juga memiliki aturannya sendiri. Jika salah pasang, bisa jadi performa menyetir jadi taruhannya.

Sebelum Anda memodifikasi setir, terlebih dulu Anda harus mengetahui hal yang perlu diperhatikan sebelum mengganti setir mobil. Apa Saja? Berikut adalah penjelasannya.

1.      Perhatikan diameternya

sebaiknya Anda memilih ukuran setir yang tidak terlalu jauh dari setir standar bawaan pabrikan. Sebab, setir racing diketahui berdiameter 12.6 – 13.8 inci. Sementara setir standar, biasanya berdiameter 14-15 inci.

Diameter lingkar kemudi ini berpengaruh pada radius putar lebih cepat dari ukuran standar. Sedangkan jika terlalu kecil bisa membuat berat kemudi, sehingga susah memutarnya.

2.      Kualitas bahan

Pilihlah bahan yang nyaman untuk digenggam. Sebenarnya pemilihan bahan itu kembali kepada selera dan kebutuhan masing-masing. Pemilihan bahan juga bisa didasarkan nilai estetika.

Anda dapat memilih bahan setir yang dapat menunjang pengendalian mobil seperti bahan yang mudah menyerap keringat. Keringat bisa jadi masalah utama karena dengan keringat pada telapak tangan akan mengurangi daya cengkram tangan ke setir sehingga akan terasa licin, tentu hal ini sangat berbahaya.

3.      Perhatikan respon setir

Jika setir standar diganti dengan setir racing, otomatis respon yang dihasilkan juga berbeda. Selain itu, jangan lupa perhatikan bentuk atau model dari setir racing, apakah berbentuk celong atau rata. Kedua model tersebut memiliki karakteristik berbeda yang bisa dirasakan sendiri oleh penggunanya.

Yang Perlu Anda ingat adalah rasio lingkar kemudi dan efek putar roda yang tidak seimbang bisa membahayakan pengendara. Untuk itu, sebelum mengganti setir, pertimbangkan modelnya terlebih dahulu untuk meminimalisir resiko.

4.      Tampilan setir

Tampilan setir merupakan selera masing-masing orang. Tampilan setir dengan dua palang atau tiga palang akan memberikan kesan elegan pada setir. Namun jika ingin mengikuti aliran modifikasi racing look, maka Anda disarankan memilih tampilan setir yang menggunakan empat palang. Palang yang berjumlah empat buah pada setir akan memberi kesan sporty yang tidak bisa diberikan oleh setir dengan dua palang dan tiga palang.

5.      Jangan lupakan sistem keamanan

Biasanya, setir racing tidak memiliki airbag. Sementara setir mobil biasa sudah dilengkapi dengan airbag. Jadi, ketika Anda menggantinya dengan setir racing, otomatis airbag akan hilang. Tentunya, ini akan menambah resiko pada pengendara jika terjadi hal berbahaya di jalan. Bukan itu saja, Anda juga bisa kehilangan tombol-tombol penting di setir mobil standar Anda jika menggantinya.