Jangan Asal Memilih Shockbreaker Mobil, Berikut Panduannya

Jangan Asal Memilih Shockbreaker Mobil, Berikut Panduannya

16th March 2020 0 By otomotiv

Shockbreaker merupakan salah satu komponen mobil yang menentukan kenyamanan dalam berkendara. Shockbreaker  yang digunakan kendaraan roda empat adalah sebagai salah satu penunjang kendaraan agar penumpang merasa tetap nyaman disaat kendaraan melewati jalanan yang rusak dan bergelombang.

Ada beberapa jenis shockbreaker yang biasanya digunakan di dalam sebuah mobil, yaitu:

1.      Berdasarkan Desain

  • Model Mono Tube, tekanan akan tetap sama meskipun shocbreaker ditekan hingga habis. Karena tidak ada silinder, maka peredaman hanya dilakukan oleh per saja
  • Model Twin Tube, paling banyak digunakan karena memiliki kenyamanan serta durability yang tinggi.

2.      Berdasarkan Karakter

  • Jenis Shockbreaker oli
  • Jenis Shocbreaker gas

Untuk membedakan kedua jenis shocbreaker ini, Anda bisa mencoba menekannya. Bila setelah ditekan batang shocbkreaker tidak dapat terangkat kembali, maka jenis ini merupakan shockbreaker oli. Begitupula sebaliknya, jika ketika ditekan dapat kembali ke posisi semula maka shockbreaker tersebut berisi gas.

3.      Berdasarkan Cara Kerja

  • Tipe Single Action
  • Tipe Double Action

Shockbreaker bawaan dari mobil tentunya harus diganti jika memang kondisi nya sudah kurang baik. Penggantian shockbreaker memang dilakukan setelah mencapai 20.000 km. Dalam memilih shockbreaker yang tepat, tentu saja anda akan memilih shockbreaker mobil paling empuk untuk digunakan. Berikut ini beberapa pilihan shockbreaker mobil paling empuk yang bisa anda pilih.

Memilih shockbreaker mobil itu harus pas. Pas sesuai dengan bobot kendaraan. Kadang mendapati shockbreaker mobil yang terasa keras atau shockbreaker mobil terasa empuk. Keras empuknya shockbreaker ini  berhubungan dengan daya redam guncangan terhadap bobot kendaraan. Namun sebelum menggantinya dengan shockbreaker, berikut berbagai pertimbangan yang perlu Anda pikirkan.

1.      Pilih produk yang kualitasnya baik

Jangan asal memilih, pastikan bahwa shockbreaker yang Anda beli memiliki kualitas yang baik. Jangan sampai tergiur karena harganya miring tanpa memeriksanya terlebih dahulu. Pasalnya, ada saja oknum tak bertanggung jawab yang menjual produk daur ulang. Untuk itu, kamu harus bisa membedakan mana shockbreaker yang benar-benar asli dan berkualitas baik dan mana yang palsu atau daur ulang.

2.      Pilih produk dengan spesifikasi dan karakter yang sesuai

Saat memilih produk shockbreaker, Anda dihadapkan pada beragam pilihan. Namun, apapun pilihannya pastikan bahwa produk ini sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Jangan sampai salah, Anda harus benar-benar memeriksa secara detail dan menanyakan dengan jelas sebelum membelinya agar tak salah pilih.

Anda juga bisa memilih produk dengan kualitas lebih baik disbanding shockbreaker yang lama. Hal ini bertujuan agar Anda bias mendapatkan performa berkendara yang lebih nyaman.

3.      Pilih produk yang memberikan garansi

Pilihlah produk shockbreaker yang menawarkan garansi. Biasanya jika Anda membelinya di toko sparepart, garansi yang diberikan selama 1 minggu hingga 1 bulan. Beberapa produk lainnya juga memiliki masa garansi yang lebih panjang. Dengan memilih produk yang bergaransi, Anda bisa dengan mudah mengklaimnya jika ternyata di tengah jalan produk ini tidak bekerja secara optimal.