Kenali Tanda Rantai Motor Harus Cepat Diganti

Kenali Tanda Rantai Motor Harus Cepat Diganti

21st January 2020 0 By otomotiv

Rantai motor dan gear merupakan komponen yang berperan penting terhadap segi kenyamanan dalam berkendara dan laju sepeda motor. Kalau kondisi rantai sudah tidak layak pakai, tentu saja laju kendaraan Anda menjadi kurang maksimal, terasa lebih berat ketika gas ditarik.

Agar Anda tidak mengalami rusak gear atau rantai putus di tengah jalan, sebaiknya kenali tanda-tanda rantai motor mengalami keausan. Bagaimana cara mendeteksinya?

1.       Permukaan rantai sudah aus

Cara pertama yang bisa Anda deteksi yaitu dengan memperhatikan permukaan rantai yang aus, karena jika rantai sudah aus nantinya daya cengkram rantai dengan gear kurang maksimal akibatnya putaran roda tidak normal dan kurang bertenaga.

2.       Rantai sulit untuk disetel

Cara kedua untuk mendeteksi keausan, ketika menyetel rantai terasa sulit. Biasanya tidak lama setelah disetel, rantai akan kendur lagi. Lalu bagaimana dengan potong ruas rantai yang sudah merenggang? Hal tersebut ternyata tidak akan berpengaruh banyak, karena jika mata rantai sudah merenggang artinya sudah habis usia pakainya.

3.       Umur rantai

Rantai dan gear motor juga mempunyai umur pakai. Memang benar jika rantai dan gear sering diberi pelumas pasti akan awet karena mengurangi gesekan yang memicu terjadinya keausan rantai dan gear. Tapi jika sudah dirawat namun rantai tetap saja renggang dan tidak presisi, itu pertanda harus diganti.

Apabila bila mata gear sudah aus tetapi mata rantai masih bagus, sebaiknya segera ganti semuanya. Tujuannya, agar Anda tidak lupa saat penggantian berikutnya. Pasalnya jika dibiarkan, bisa saja rantai dan gear mengalami selip skibat gear yang sudah aus.

4.       Laju kendaraan terganggu

Jika gear motor dan rantai sudah saatnya diganti, maka laju kendaraan menjadi tidak stabil karena putaran rantai motor yang mengendor, lalu mengencang. Sehingga perputaran roda tidak stabil, artinya kondisi rantai sudah tidak bagus.

Hal itu disebabkan seal penghubung antara mata rantai sudah getas karena pemakaian. Bisa juga masalah dikarenakan bagian dalam rantai sudah banyak yang aus, serta gear motor sudah lancip karena terkikis.

5.       Suara berisik

Gejala gear motor dan rantai sudah saatnya diganti yaitu kenali dengan suaranya. Cara ini termasuk langkah termudah untuk mengetahui kalau gear dan rantai sepeda motor Anda rusak. Biasanya suara yang keluar sangat kasar dan tidak biasa. Memang bisa sedikit mereda jika diberi pelumas, namun tidak lama lagi suara kasar itu akan terdengar. Situasi ini terjadi  karena sudah aus, bisa juga karena pemasangan rantai dan gear yang kurang tepat.