Lakukan 5 Cara Berikut Ini Agar Mesin Motor Tidak Overheat

Lakukan 5 Cara Berikut Ini Agar Mesin Motor Tidak Overheat

24th April 2020 0 By otomotiv

Mesin motor dapat menjadi overheat karena beberapa hal. Mesin yang overheat akan menjadi lebih mudah rusak dan hal ini akan menghambat kinerja kendaraan.

Overheat adalah tingkat suhu yang melewati batas normal pada komponen mesin. Secara teknis penyebab overheat ini lebih dikarenakan sirkulasi oli mesin yang terhambat, serta hilangnya pendingin pada kinerja mesin.

Mesin sepeda motor yang overheat disebabkan antara lain karena kurangnya perawatan rutin dan penggunaan suku cadang yang tidak asli atau kurang berkualitas. Berikut ini hal yang perlu kamu perhatikan supaya mesin motor kamu tidak mudah overheat.

1.      Setel kerapatan piston

Posisi piston dalam silinder yang terlalu rapat akan membuat seher dan piston tidak bisa bergerak leluasa dan menghambat saluran pelumasan oli. Hal ini dipastikan mampu membuat mesin menjadi cepat panas dan menyebabkan piston merusak blok mesin.

Apabila setelan piston tidak sesuai, lebih baik pemilik motor segera membawa kendaraan ke bengkel resmi untuk mendapatkan setelan yang sesuai.

2.      Periksa kinerja pendingin

Motor-motor modern memiliki kipas yang befungsi mendinginkan mesin dan suhu air radiator dengan menangkap sensor yang memberitahukan bahwa mesin sudah panas.

Namun, pada motor lama dan tidak memiliki kipas radiator, maka sebaiknya dipasang untuk membantu kinerja mesin motor.

3.      Cek ketersediaan cairan pendingin

Cairan pendingin pada motor atau biasa disebut water coolant didistribusikan kes seluruh mesin guna menjaga suhu mesin motor pada saat digunakan.

Ada kalanya cairan pendingin tersebut berkurang sehingga fungsi pendinginnya juga turut berkurang. Pastikan cairan pendingin mesin selalu cukup dengan cara setiap servis rutin, minta teknisi untuk mengecek ketersediaannya.

4.      Rutin ganti oli

Oli memiliki peran penting pada mesin motor. Selain sebagai pelumas untuk meminimalisir gaya gesekan antar komponen yang berpotensi menyebabkan kerusakan, komponen ini juga mengontrol suhu ruang mesin.

karena itu, mengganti oli secara teratur akan membuat mesin lebih awet dan bekerja optimal. Karena itu periksakan kondisi mesin sepeda motor di bengkel secara berkala.

Pastikan oli bisa mengalir lancar dalam melumasi piston, klep, noken as, dinding silinder, dan komponen lain.

5.      Gunakan oli berkualitas

Pada buku manual penguna, biasanya pabrik sudah menjelaskan oli mana yang bisa dan paling baik digunakan. Oleh karena itu akan lebih baik jika menggunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.