Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Anda Mengganti Cat Mobil

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Anda Mengganti Cat Mobil

3rd April 2020 0 By otomotiv

Saat Anda ingin mengecat mobil sendiri maka harus tahu jenis cat yang akan digunakan. Setiap jenis cat memiliki kandungan dasar yang berbeda-beda.  Pemilihan cat mobil yang bagus juga perlu diperhatikan. Sebab pemilihan warna menunjukkan karakter atau selera Anda.

Untuk memilih warna cat mobil jangan terlalu terburu-buru, lakukan secara hati hati. Karena warna cat yang bagus ditentukan dari kualitas bahan dasar campuran yang ada pada cat tersebut. Ada tiga hal yang perlu dipehatikan, agar nantinya benar-benar puas karena hasil yang diperoleh maksimal.

1.      Pahami jenis cat

Saat ini ada tiga jenis cat yang ada di pasaran dan kerap digunakan oleh bengkel spesialis pengecatan mobil. Ketiganya memiliki karakter yang berbeda, sehingga harganya pun bervariasi.

Satu hal yang patut Anda ingat, jangan sesekali tergiur dengan harga paket pengecatan murah tanpa memahami atau mengetahui unsur-unsur cat yang digunakan. Sebab, bisa saja bengkel yang bersangkutan dengan komposisi cat dengan memperbesar porsi bahan yang kurang bagus kualitasnya dalam campuran cat. Ada tiga jenis cat di pasaran, yaitu:

·         Cat stoving

Cat jenis ini juga tidak mudah kusam atau retak-retak meski telah bertahun-tahun. Hanya, harga yang ditawarkan oleh bengkel biasanya lebih mahal.

·         Cat urethene

Kualitas cat ini biasanya sedikit dibawah cat stoving. Pasalnya menggunakan bahan cat urethneyang cepat kering dan berharga lebih miring ketimbang cat stoving dan ditambahi zat aditif pengental atau hardener. Proses pengerjannya juga jauh lebih cepat. Rata-rata hanya 8-9 jam mulai dari proses pengecatan hingga finishing. Kilau cat dan ketahanannya pun tak kalah dengan cat stoving.

·         Cat lacquer

Cat lacquer memiliki sifat  yang cepat kering sehingga proses pengerjaannya akan lebih cepat. Biasanya, harga yang dipatok bengkel untuk pengecatan mobil dengan menggunakan cat ini lebih murah. Hanya, kekurangannya, cat lebih cepat kusam

2.      Pastikan pelapisan vernish telah dilakukan

Proses pelapisan vernish dilakukan setelah proses pengecatan telah selesai dilakukan. Zat vernish tidak hanya berfungsi untuk membuat cat mobil terlihat konclong saja, tetapi juga membuat cat terlindungi.

Hanya, biasanya, proses pelapisan tersebut tak jarang tidak diperhatikan oleh konsumen. Mereka langsung oke-oke saja kala petugas bengkel mengatakan proses telah selesai dan melihat tampilan mobil telah terlihat cling.

3.      Parkir ditempat yang teduh

Jangan pernah beranggapan cat dengan kualitas terbaik pasti memiliki kekuatan tinggi untuk melawan gejala alam. Sebagus apapun kualitasnya tidak akan mampu melawan fenomena alam, terlebih kecenderungan perubahan karakter alam juga sulit dipastikan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memarkir mobil yang baru dicat ulang di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari.