Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memasang Kaca Film Mobil

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memasang Kaca Film Mobil

14th February 2020 0 By otomotiv

Pelapis kaca yang diaplikasikan di setiap kaca mobil, baik depan, samping dan belakang  pastinya akan membuat berkendara di mobil kesayangan Anda terasa semakin nyaman, bukan hanya untuk menghindari sinar matahari yang mencolok namun juga berfungsi sebagai penghalang dari mata-mata yang usil dari luar kendaraan Anda yang sering kali mengintip kedalam mobil.

Namun perlu Anda ketahui juga dalam hal pemasangan kaca film mobil yang baik, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut tipsnya.

1.      Tingkat kegelapan di setiap bagian kaca

Hal paling penting yang harus kamu perhatikan adalah tingkat kegelapan yang dapat menunjang keamanan berkendara. Untuk kaca depan, disarankan hanya boleh 20% kegelapan agar pengemudi bisa tetap melihat jalan dengan leluasa. Untuk kaca samping, disarankan kegelapan 20%-40% agar Anda bisa tetap leluasa melihat kaca spion saat mengemudi.

2.      Harus terlihat dari dalam

Kaca film yang baik harus tetap terlihat terang jika dilihat dari dalam mobil. Terdapat jenis tertentu yang tampak gelap dan redup baik dari dalam maupun luar mobil. Hal tersebut sangatlah berbahaya karena dapat mengganggu jarak pandang.

3.      Fitur night vision untuk kenyamanan

Salah satu fitur kaca film yang dapat menambah kenyamanan pengemudi maupun penumpang adalah fitur night vision. Dengan fitur ini, orang yang berada di dalam mobil dapat melihat dengan jelas ke luar, sedangkan yang terlihat dari luar tetap gelap. Dengan begitu, Anda bisa bebas beraktivitas di dalam mobil tanpa takut terlihat dari luar.

4.      Daya serap UV

Bila sering terkena macet saat berkendara di bawah cuaca panas dan terik, sebaiknya pemilik kendaraan memilih kaca film dengan perlindungan UV 400, karena dapat melindungi kulit dari teriknya sinar matahari. Fitur perlindungan UV 400 dapat menolak sinar matahari hingga 99 persen.

5.      Fitur anti blue light

Blue light merupakan istilah untuk cahaya dari luar mobil yang dapat menyebabkan pengendara menjadi mudah mengantuk, kelelahan, sakit kepala dan kehilangan konsentrasi. Dengan fitur anti blue light, tingkat cahaya bisa direduksi secara maksimal sehingga tingkat kerusakan retina menjadi minimal. Fitur ini biasanya ada pada kaca film yang premium.