Perlengkapan Motor yang Wajib Ada Saat Musim Hujan

Perlengkapan Motor yang Wajib Ada Saat Musim Hujan

30th January 2020 0 By otomotiv

Memasuki musim penghujan, pengendara harus lebih waspada saat memacu kendaraan di jalan. Beberapa faktor harus diperhatikan agar terhindar dari kecelakaan karena kondisi jalan yang licin dan jarak pandang lebih terbatas.

Karena itu, pengendara motor harusnya sudah siap-siap melengkapi perjalanannya dengan berbagai perlengkapan motor yang sangat dibutuhkan saat hujan turun.

Untuk tetap bisa berkendara secara aman dan nyaman di musim hujan, berikut sederet perlengkapan motor saat hujan yang wajib Anda bawa selain jas hujan.

1.      Shoe cover

Saat berkendara di bawah guyuran hujan deras, umumnya banyak pengendara motor yang melepas sepatunya dan menggantinya dengan sandal. Alasannya, agar sepatu yang digunakan tidak basah terkena air hujan.

Sama seperti namanya, benda ini berfungsi layaknya jas hujan, tapi untuk sepatu. Produk ini banyak dijual di toko-toko perlengkapan berkendara. Usahakan untuk membeli dan menggunakan shoe cover yang memiliki alas karet. Hal tersebut berfungsi agar kaki kamu tetap menapak dengan sempurna di pijakan kaki.

2.      Sarung tangan

Penggunaan sarung tangan saat musim hujan sangat dianjurkan. Seringkali guyuran hujan membuat handle grip menjadi licin, sehingga penggunaan sarung tangan dianjurkan.

Tetapi pilihlah sarung tangan yang mampu membuat cengkeraman tangan terhadap handle grip tidak meleset atau terlepas karena licin.

3.      Rain cover

Rain cover juga jadi salah satu perlengkapan wajib Anda bawa jika berkendara di musim hujan. Tak hanya membuat tas dan isinya tetap kering di musim hujan, nyatanya, rain cover juga berfungsi untuk melindungi backpack kamu dari sinar matahari.

Karena digunakan untuk melindungi tas dari hujan dan panasnya sinar matahari, rain cover umumnya dibuat dari bahan khusus seperti polyester atau parasut hingga nilon dan taslan.

4.      Busi cadangan

Faktor utama yang sering menyebabkan sepeda motor mogok tatkala musim hujan adalah busi yang basah. Karena itu sediakan busi cadangan.

Memang, Anda bisa memperbaiki busi lama di motor. Namun itu perlu waktu dan hasilnya belum tentu memuaskan karena bisa saja busi lama tersebut telah aus, sehingga rentan bermasalah bila terkena air.

5.      Peralatan servis ringan

Saat hujan, potensi munculnya masalah pada motor sangat besar. Mogok karena busi dan karburator terkena air adalah masalah yang kerap muncul. Agar tak kesulitan mengatasi permasalahan itu sebaiknya sediakan beberapa peralatan servis ringan.

Obeng, kunci pas, grease, isolasi, lem, kertas ampelas, kunci busi adalah beberapa peralatan yang perlu Anda bawa.