Spare Part Motor: Melihat Kondisi Busi dari Warnanya

Spare Part Motor: Melihat Kondisi Busi dari Warnanya

10th December 2019 0 By otomotiv

Setiap pengendara harus rajin mengecek kondisi spare part motor tunggangannya. Salah satu yang harus mendapat perhatian lebih adalah busi, bagian yang sangat mempengaruhi kinerja motor.

Di antara banyak spare part motor, busi memang menjadi salah satu bagian penting. Melansir dari situs resmi Wahana Honda, fungsi utama dari busi adalah memantik api di dalam ruang pembakaran motor.

Posisinya di silinder head. Agar motor dapat berjalan, busi bertugas menimbulkan percikan api yang membakar campuran bensin dan udara. Ledakan itulah yang membuat piston bergerak naik-turun.

Karenanya, sangat penting untuk mengetahui kondisi dari salah satu spare part motor ini. Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah busi motor Anda masih dalam kondisi sehat atau tidak. Berikut caranya dengan melihat dari warna busi Anda:

1. Jika berwarna elektroda kecokelatan atau merah bata, Anda tak perlu khawatir karena itu berarti sistem pembakarannya masih optimal.

2. Jika berwarna elektroda menghitam, ini artinya campuran bensin dan udara tak seimbang. Biasanya bensin yang lebih dominan. Akibatnya, bahan bakar akan cepat habis alias boros.

3. Jika berwarna elektroda memutih, ini berarti campuran bensin dan udara juga tak seimbang. Udara jauh lebih banyak. Akibatnya, motor akan lebih cepat panas dan bisa membuat motor lebih cepat rusak.

4. Jika berwarna elektroda menghitam dan dipenuhi oli, ini berarti busi dalam kondisi tidak baik. Ada indikasi oli masuk ke ruang bakar karena ring piston sudah jelek atau liner piston sudah baret. Oli yang ikutan terbakar akan membuat motor menghasilkan knalpot asap putih.