Speedometer Motor Mati, Periksa 4 Penyebab Berikut Ini

Speedometer Motor Mati, Periksa 4 Penyebab Berikut Ini

11th March 2020 0 By otomotiv

Speedometer adalah bagian dari panel indikator yang berfungsi sebagai penunjuk kecepatan kendaraan. Dalam kondisi tertentu speedometer motor kadang bisa tiba-tiba tak berfungsi.

Tanda-tanda speedometer yang mati, biasanya jarum penunjuk diam di angka 0 kpj. Tidak bergerak meskipun Anda menarik gas sekencang apapun. Tanda lain adalah jarum penunjuk bergerak naik turun saat dibawa melaju, serta terkadang jarum bergerak sangat lambat dan kecil. Misalnya kita melaju dengan 80kpj, namun hanya terbaca 30kpj.

Apa saja penyebab matinya speedometer motor? Berikut ulasannya.

1.      Gearbox yang aus

Gearbox yang dipakai berbentuk roda gigi yang saling berkaitan. Ukurannya juga kecil, ditambah bahannya yang kadang terbuat dari bahan polymer. Bahan ini memang lebih simpel dan ringan, tapi daya pakainya tentu lebih singkat. Seperti diketahui, gesekan dua buah material akan menghasilkan friksi. Friksi ini keluar dari dua material itu yang terlepas.

Akibatnya roda gigi semakin gundul dan pada titik tertentu roda gigi psda axle roda tidak mampu lagi berkaitan dengan rods gigi speedo. Ini menyebabkan putaran input speedometer tidak terjadi meski kendaraan melaju cukup pesat.

2.      Kabel speedometer putus

Kabel ini terbuat dari poros berdiameter kecil yang fleksibel. Sifatnya yang flelsibel membuat poros ini mampu menghubungkan putaran di bagian roda dengan bagian head motor.

Tapi, coba Anda lihat diameternya. Mungkin hanya beberapa milimeter, tentunya dengan kawat setipis ini yang bergerak berputar lebih berpotensi putus. Kawat bisa putus bisa dikarenakan karena ada lekukan kabel yang terlalu ekstrem atau karena kawat yang getas. Jika hal ini terjadi maka putaran dari bawah tidak akan tersalurkan ke bagian input speedometer.

3.      Magnet di dalam speedometer tidak berputar

Di dalam komponen speedometer yang terletak di head motor, putaran dari kawat disalurkan kesebuah magnet agar berputar untuk menimbulkan GGL (Gaya gerak listrik) sehingga jarum bisa bergerak. Jika sambungan antara kawat poros dengan magnet ini putus, hasilnya jelas jarum speedometer tidak akan bergerak.

4.      romol roda pecah

Rusak atau pecahnya tromol bisa berakibat fatal. Speedometer akan putus karena tidak dapat memutar kabel. Untuk mengembalikannya ke fungsi semula sangat sulit karena speedometer butuh presisi.

5.      Speedometer yang berkarat

Karat pada kabel speedometer bisa menyebabkan putus dan tidak dapat lagi berfungsi. karat tersebut disebabkan pertama kali oleh air yang masuk ke dalam kabel, sehingga menyebabkan karat. Sebisa mungkin berhati-hati untuk mencuci atau membawa motor dalam keadaan hujan lebat disertai angin.