Tanda V-belt Motor Matic Harus Segera Diganti

Tanda V-belt Motor Matic Harus Segera Diganti

31st January 2020 0 By otomotiv

Memiliki peran seperti rantai pada motor bebek atau sport, v-belt pada motor matik berfungsi menghubungkan puli depan dan belakang sehingga roda dapat bergerak.

Hanya saja sebagai komponen yang terus bergerak, jangan abaikan kondisinya. Apalagi akibat gesekan yang ditimbulkan, selain panas yang bisa mengurangi umur pakainya, sabuk-v juga bisa berkurang kualitasnya sehingga berakibat pada penurunan performa mesin.

Jika v-belt putus, maka motor tidak akan bisa lari meski mesin hidup. Kasusnya mirip dengan rantai putus. Namun, tak seperti rantai, sabuk-v tidak bisa disambung lagi. Membongkarnya pun tak sederhana. Berikut ini tanda-tanda V-Belt motor matic Anda harus segera diganti.

1.      Kondisi V-Belt yang sudah mulai retak

Salah satu cara paling mudah dengan cara melihat fisik tanda v-belt motor matik harus ganti yaitu dengan melihat lekukan dengan membentuk huruf V yang ada pada bagian bergerigi.

Lalu, perhatikan setiap bagian, jika ada yang retak maka sudah bisa dipastikan sabuk-v motor matik Anda sudah saatnya diganti.

Apabila dibiarkan v-belt bisa saja retak dan kendur sehingga potensi putus saat digunakan sangat besar. Saat mengalami hal ini di tengah berkendara tentu sangat merepotkan.

2.      Tarikan motor sudah mulai berkurang

Jika saat dikendarai kencang ada suara seperti rantai ngelos atau tidak lagi ngegigit sebaiknya  Anda segera melakukan pemeriksaan ke bengkel dan mengganti komponen ini.

Jadi, akibat kualitas v-belt motor matic tidak optimal, hal ini dapat memberikan efek terhadap akselerasi motor Anda yang mulai berkurang. Jika Anda sering merasakan hal ini, itu bisa menjadi salah satu alasan sabuk-v motor Anda harus diganti.

3.      Ganti v-belt setiap 15.000 km

Memang masa pakai v-belt itu tidak bisa disamakan, hal itu tergantung dengan penggunaan motornya itu sendiri. Tetapi idealnya sabuk-v itu akan muncul retak-retak atau tidak layak pakai lagi jika sudah dipakai sejauh 15.000 km atau lebih. 

Jadi, sebaiknya jika Anda menggunakan motor setiap hari maka jangan lupa sering-sering untuk memeriksa kondisi sabuk-v dan perhatikan km motor Anda karena v-belt motor kamu harus diganti setiap kelipatan 15.000 km.