Tips Memilih Rompi Motor Yang Nyaman Saat Dipakai Touring

Tips Memilih Rompi Motor Yang Nyaman Saat Dipakai Touring

6th March 2020 0 By otomotiv

Rompi bagi pengendara motor sangat berguna untuk menahan terpaan angin saat berkendara. Rompi menjadi salah satu aksesoris yang penting digunakan saat berkendara selain sarung tangan apalagi kalau Anda berencana menempuh perjalanan jarak jauh untuk touring.

Meskipun rompi motor mempunyai fungsi utama yang sama sebagai pelindung tubuh, tetapi dalam pemilihannya tidak bisa sembarangan begitu saja. Pertama tentu saja Anda harus membedakan mana rompi yang dapat digunakan sehari-hari dan mana yang paling tepat untuk digunakan dalam perjalanan jauh. Untuk itu, simak dulu apa saja yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih rompi motor.

1.      Perhatikan bahan rompi

Bahan yang digunakan pembuat rompi bermacam-macam, ada yang menggunakan bahan kulit asli, kulit sintetis, jeans, bahan polyester dan parasut.

Rompi berbahan kulit asli memang kuat dan awet, tapi harganya cukup tinggi jika dibanding rompi berbahan parasut. Rompi berbahan parasut lebih murah dan memiliki pilihan desain yang beragam namun daya tahannya tidak sekuat jaket kulit.

Rompi parasut mudah di simpan di bagasi motor jika sedang tidak dipakai karena lebih fleksibel daripada rompi berbahan kulit baik kulit asli maupun kulit sintetis.

2.      Sesuaikan ukuran rompi

Secara umum kebanyakan rompi berukuran besar, tetapi jangan salah karena ada beberapa merek yang memberikan ukuran sesuai dengan tubuh. Seperti salah satunya Kalibre yang menawarkan rompi motor dalam beberapa ukuran. Dengan begitu Anda tetap merasa nyaman dan tidak merasa kebesaran ataupun kekecilan.

Pilih yang bentuknya pas dan dapat mendekap dada dengan baik sehingga mampu menangkal terpaan angin selama di perjalanan. Beberapa produk rompi memiliki beberapa lapisan dengan bahan yang berbeda-beda seperti puring, dinnir, busa, dan lain sebagainya.

3.      Kompartemen

Kompartment adalah tempat penyimpanan berupa kantong sangat penting di jadikan pertimbangan ketika Anda berencana menggunakan rompi untuk perjalanan jauh. Perhatikan jumlah kompartmen yang ada pada rompi sesuai kebutuhan.

Setidaknya untuk kebutuhan dasar berkendara, Anda akan membutuhkan saku tempat menyimpan handphone, charger, powerbank, dan dompet.

4.      Fitur pendukung

Rompi masa kini juga memiliki fitur yang dapat meningkatkan keselamatan penggunanya. Seperti garis reflektif yang dapat menyala saat malam. Namun cari desain garis reflektif yang futuristic dan stylis agar tidak tampak seperti tukang parker jika hanya bentuk garis lurus melintang dari kanan ke kiri.

Tentukan pilihan rompi dengan mempertimbangan fitur waterproof dan windproof untuk kenyamanan berkendara.

5.      Cara perawatan rompi

Hal yang tidak boleh dilupakan ketika Anda membeli sebuah jaket rompi berkendara adalah cara perawatan yang tepat. Di sini tentu saja berkaitan dengan banyak hal, salah satunya keawetan dari produk tersebut. Pilih yang memang mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dirawat jadi tidak perlu menggunakan trik khusus.