Tips Merawat Aki Mobil Agar Tahan Lama

Tips Merawat Aki Mobil Agar Tahan Lama

17th December 2019 0 By otomotiv

Aki mobil menjadi salah satu spare part mobil penting dalam komponen kendaraan Anda. Fungsinya adalah menjadi penyuplai daya listrik agar bagian-bagian lain dari kendaraan Anda bisa bekerja semestinya.

Karenanya, penting untuk menjaga kondisi aki mobil Anda setiap saat. Jika tak berfungsi sebagaimana mestinya, kegiatan berkendaraan Anda bisa terganggu dan merasa tidak nyaman.

Selain untuk selalu mengecek kondisinya, Anda juga harus tahu bagaimana membuat aki mobil tidak cepat soak. Berikut adalah beberapa tips agar membuat aki mobil Anda bisa bekerja dalam waktu yang lama, seperti dilansir situs Nissan.

1. Perhatian Beban Penggunaan Aki

Salah satu cara untuk merawat aki mobil adalah memperhatikan beban penggunaan daya aki secara rutin. Artinya, Anda harus memiliki waktu untuk melakukan pengecekan. Itu agar Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi aki terkini.

2. Bersihkan Secara Berkala

Salah satu cara termuda menjaga aki mobil adalah dengan membersihkannya secara rutin. Salah satu bagian yang harus menjadi perhatian adalah terminal aki. Biasanya, bagian ini kerap tertutup debu dan kotoran yang bisa membuat aliran listrik ikut terganggu.

3. Rutin Panaskan Mobil

Cara mudah lainnya adalah memanaskannya secara rutin. Hal ini juga harus dilakukan saat mobil sedang tidak digunakan. Jika tidak pernah dipanaskan, ada potensi aki Anda akan cepat soak.

4. Cek Ketersediaan Listrik di Dalam Aki

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah satu cara terbaik dalam merawat aki mobil Anda. Saat Anda merasa mobil sudah mulai sulit dinyalakan maka ada kemungkinan jika cadangan listrik di dalam aki Anda sudah hampir habis. Segera isi ulang cadangan listrik mobil Anda.

5. Lepas Kabel Saat Mobil Tak Digunakan

Jika mobil tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya Anda melepaskan kabel aki dari terminalnya. Tujuannya untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan, aki mobil akan cepat soak.