Tips Mudah Merawat Knalpot Motor Agar Selalu Optimal

Tips Mudah Merawat Knalpot Motor Agar Selalu Optimal

20th December 2019 0 By otomotiv

Knalpot motor adalah tak hanya menjadi bagian penting dalam kinerja kendaraan Anda. Bagian ini juga bisa menjadi spare part motor yang akan membuat kendaraan Anda lebih menarik perhatian.

Karenanya, knalpot motor pun harus mendapat perhatian khusus. Bagi Anda para pengguna motor harus melakukan perawatan secara berkala. Maklum, ini adalah komponen yang sangat vital pada setiap kendaraan.

Jika knalpot motor tidak berfungsi dengan baik, proses dari hasil pembakaran mesin juga akan kurang optimal. Artinya, hal ini bisa menyebabkan pemborosan bahan bakar serta mengurangi tenaga dari motor itu sendiri.

Nah, di sini akan dibahas berbagai cara sederhana merawat knalpot motor. Berikut penjelasannya:

1. Untuk knalpot orisinil atau standar 4 tak yang kering, panas dari hasil kinerja mesin biasanya bisa menimbulkan karatan. Lalu, ada potensi warna berubah menjadi agak kekuningan karena menempelnya kotoran. Karenanya, disarankan untuk memanaskan mesin tidak terlalu lama.

2. Lubang buang pada knalpot harus dibersihkan minimal dua bulan sekali. Ini untuk mencegah terjadinya kebocoran atau menimbulkan lubang pada bagian ini. Jika terjadi kebocoran, akan timbul suara yang mengganggu, tenaga berkurang, dan tidak ramah lingkungan.

3. Jika terjadi korosi pada knalpot, segera bersihkan kotoran yang menempel dengan sikat yang bagus. Caranya, memanfaatkan detergen yang dioleskan di bagian knalpot yang berkarat atau kotor. Jika kotoran sulit dihilangkan, coba dengan memakai sikat kawat.

4. Jika bagian pipa knalpot sudah bersih, perawatan yang dilakukan bisa dengan cara menggunakan ole bersih di leher knalpot. Lalu, hidupkan mesin selama dua menit agar oli tersebut menyerap.

5. Cara lain adalah, usai mencuci motor Anda setelah kehujanan, lakukan pengeringan pada bagian knalpot dengan hati-hati. Jika perlu, semprot knalpot dengan bagian anti karat.