Tips Mudah untuk Perawatan Mobil bagi Pemula

Tips Mudah untuk Perawatan Mobil bagi Pemula

19th December 2019 0 By otomotiv

Berbagai cara perawatan mobil tentu harus Anda ketahui secara detail agar kendaraan kesayangan Anda bisa lebih awet. Biasanya, para orang yang baru memiliki mobil sering menganggap sepele hal ini.

Padahal, sebaiknya justru orang harus mengetahui lebih dulu mengenai tips perawatan mobil sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut. Itu agar Anda tak perlu kebingungan saat mobil sudah ada di tangan Anda.

Penting sekali memahami perawatan mobil agar Anda selalu berkendara dalam kondisi nyaman dan agar mobil Anda tetap bernilai tinggi. Beberapa perawatan bisa dilakukan tanpa harus pergi ke bengkel.

Berikut adalah beberapa cara melakukan perawatan mobil yang mudah:

1. Cek Oli

Anda harus selalu rutin melakukan pergantian oli mobil. Setidaknya, pergantian oli harus dilakukan setiap 5.000-10.000 km. Itu agar memastikan mobil tetap bekerja dengan optimal. Jika bingung, Anda bisa mengeceknya secara manual apakah oli harus segera diganti atau tidak.

Coba teteskan sedikit oli di telapak tangan Anda, lalu cek apakah ada serpihan-serpihak halus. Jika ada, itu berarti sudah saatnya Anda mengganti oli mobil.

2. Isi Air Radiator

Fungsi air radiator adalah untuk mendinginkan mesin saat sedang menyala. Karenanya, sangat penting untuk rutin mengisi air agar mesin bisa bekerja dengan optimal. Jika sering menyalakan air wiper, isi tabung air wiper dengan air bersih jika air sudah mulai habis.

3. Cek Kabel dan Lampu

Kondisi kabel dan lampu mobil harus Anda periksa secara rutin. Pastinya akan ada momen di mana Anda melihat adanya kabel yang kendur atau terputus dan lampu mobil yang redup. Agar tak mengalami masalah saat berkendara, Anda harus memastikan kabel dan lampu dalam kondisi yang normal.

4. Cek Kondisi Aki

Aki menjadi bagian paling penting dalam mobil Anda. Cara merawatnya cukup mudah, yakni memastikan air aki mobil ada di tingkat yang seharusnya, yakni di antara garis batas penanda. Cara lain untuk mengecek kondisi aki adalah dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter.

5. Pastikan Kondisi Kopling

Hal ini berlaku jika mobil Anda bertransmisi manual. Kondisi kampas kopling harus rutin dicetak. Jika sudah mulai menipis, perpindahan gigi mobil Anda akan semakin berat. Jelas itu akan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara.